1.6 KOmpetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care),
serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.4 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan
tentang
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,
sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan
ucapan selamat bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
86
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.6 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/
kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya
dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang,
tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.8 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang
pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif
sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu sederhana.
|
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menangkap makna pemaparan jati
diri lisan dan tulis.
4.2 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk memaparkan,
menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.3 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
|
87
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.5 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.8 Menangkap makna dalam teks deskriptif,
lisan dan tulis, sederhana, tentang
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting
teks deskriptif tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang
orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.11 Menangkap makna pemberitahuan
(announcement).
4.12 Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement),
sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap makna teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang pengalaman,
|
88
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
kegiatan,
kejadian, dan peristiwa.
4.14 Menyusun teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang
kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.15 Menangkap makna teks naratif
lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.
4.16 Menangkap makna lagu sederhana.
|
KELAS XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi
international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung- jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
|
3.1 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan
tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
89
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.3 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan
resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.6 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang
teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam
dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain
di Kelas XI.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi
analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.11 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek
dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.12 Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
90
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan
memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan
pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.4
Menangkap
makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi,
dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7
Menangkap
makna teks surat pribadi.
4.8 Menyusun teks surat pribadi, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk
manual dan kiat-kiat (tips).
4.10 Menyunting
teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun
teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang pengandaian jika terjadi suatu
|
91
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
keadaan/kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap
makna dalam teks ilmiah faktual (factual
report), lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam
dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
4.14 Menangkap
makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan
umum.
4.15 Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang
tokoh terkenal.
4.16 Menangkap pesan dalam lagu.
|
KELAS XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi
international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percayadiri, dan
bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggungjawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
|
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau
informasi yang mengejutkan,
serta
|
92
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan
masalah
|
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian
bersayap (extended),
serta responnya, sesuaidengan konteks penggunaannya.
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat lamaran
kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
penyerta gambar (caption), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.6 Menganalisis struktur
teks, unsur kebahasaan, dan fungsi
sosial dari teks factual report berbentuk teks ilmiah
faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XII.
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
yang menyatakan fakta dan pendapat,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks news item berbentuk
berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian
diikuti oleh perintah/saran, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
|
4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan
|
93
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.2 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang
mengejutkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon ungkapan meminta perhatian
(extended),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.4 Menangkap makna surat lamaran kerja.
4.5 Menyunting
surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun
surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.7 Menangkap makna teks penyerta gambar
(caption).
4.8 Menyusun
teks penyerta gambar (caption),
dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9 Menangkap
makna dalam teks ilmiah faktual (factual
report) lisan dan tulis tentang benda, binatang dan
gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.
4.10 Menyusun
teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang
orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan
mata pelajaran lain di Kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
94
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta dan
pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai
konteks.
4.13 Menangkap makna dalam teks
berita sederhana dari koran/radio/TV.
4.14 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian
diikuti perintah/saran, dengan memperhatikan fungsisosial, struktu rteks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15 Menangkap makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk
resep
4.16 Menangkap makna lagu.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar