RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
Mata
Pelajaran
Kelas/Semester
Materi
Pokok
Alokasi
Waktu
|
:
:
:
:
:
|
B. Inggris
VII/I (Satu)
Teks lisan untuk
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
2 pertemuan (4JP)
|
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.
|
1.1
|
Mensyukuri
kesempatan
dapat mempelajari
bahasa
Inggris sebagai
bahasa
pengantar
komunikasi
internasional
yang
diwujudkan dalam
semangat
belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa
Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggungjawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
|
2.2.1 Bertanggung
jawab atas tindakan anggotanya saat
menjadi pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak
menyalahkan orang lain atas
tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan
hal-hal yang dikatakan akan
dikerjakan tanpa diingatkan
orang lain
|
3.
|
3.1
|
Memahami
fungsi social teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1
Menentukan tujuan komunikatif teks.
3.1.2
Mengidentifikasi struktur teks.
3.1.3
Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks.
|
4.
|
4.1
|
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1 siswa
dapat menggunakan ungkapan sapaan , pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris secara lisan dengan
akurat, lancar dan berima.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran,
peserta didik dapat:
1)
Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara
berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)
Mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok
berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)
Mengidentifikasi kata pembilang angka yang terdapat
dalam teks secara berkelompok;
4)
Mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks
secara berkelompok;
5)
Mengidentifikasi frase benda yang terdapat dalam teks
secara berkelompok;
6)
Mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam
teks secara berkelompok;
Pertemuan Kedua
1)
menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur
atas kesempatan dapat belajar bahasa
Inggris;
2)
bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat
menjadi pemimpin kelompok;
3)
mengakui ketika membuat kesalahan;
4)
tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5)
melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa
diingatkan orang lain;
6)
menggunakan
ungkapan sapaan , pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf ke dalam
praktik berbicara bahasa Inggris secara lisan dengan akurat, lancar dan berima.
D. Materi
Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Pertemuan pertama
Fungsi Sosial : Menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman.
Struktur Teks :
Characteristics features of greeting, leave taking, thanks, apologize.
Unsur Kebahasaan:
·
Greeting (hi, hello, good morning, dsb)
·
Kalimat/Ungkapan (how
are you? See you later, Take care, You are welcome, nice to meet you, dsb)
·
Kata Tanya ( how,
dsb)
·
Kata kerja dalam the
simple present tense: be, dsb.
·
Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan.
Topik: Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru
dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
Pertemuan Kedua
Fungsi Sosial : Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur Teks :
Characteristics features of greeting, leave taking, thanks, apologize.
Unsur Kebahasaan:
·
Greeting (hi, hello, good morning, dsb)
·
Kalimat/Ungkapan (how
are you? See you later, Take care, You are welcome, nice to meet you, dsb)
·
Kata Tanya (
how, dsb)
·
Kata kerja dalam
the simple present tense: be, dsb.
·
Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan.
Topik: Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru
dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
E. Metode
Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Scientific
approach
2. Communicative
approach
3. Discuss
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
video.
2. Alat/Bahan : lcd
projector, laptop, boardmarker.
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kesatu
Pendahuluan (10 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam
tegur sapa
|
-
Memberi salam
-
Doa bersama dipimpin oleh salah satu siswa
-
Mengecek kehadiran
-
Menanyakan kabar
-
Penyampaian tujuan pembelajaran
-
Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan Inti (60 menit)
|
|
Observing
|
-
Siswa
mendengarkan/ menonton interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf.
(Task 1)
-
Siswa mengikuti
interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf. (Task 2)
-
Siswa menirukan
model interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf. (Task 3)
-
Dengan bimbingan
dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
(Task 4 dan 5)
|
Questioning
|
-
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. (Task 6, dan 7)
|
Explorating
|
-
Siswa
menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan merminta maaf dengan bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur. (Task 8, 9)
|
Associating
|
-
Siswa
membandingkan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan
maaf yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain . (Task
10)
-
Siswa
membandingkan antar ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.(Task 11dan
12)
-
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan. (Task13)
|
Penutup (10 menit)
|
|
-
Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-
Refleksi
-
Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang
|
Pertemuan
kedua
Pendahuluan (10 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam
tegur sapa
|
-
Memberi salam
-
Doa bersama dipimpin oleh salah satu siswa
-
Mengecek kehadiran
-
Menanyakan kabar
-
Penyampaian tujuan pembelajaran
-
Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan inti (60 menit)
|
|
Communicating
|
-
Siswa menyapa,
berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dengan bahasa Inggris,
di dalam dan di luar kelas. (Task 13)
-
Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa,
berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dalam jurnal belajar
sederhana. (Task 14)
|
Creating
|
-
Siswa dapat
membuat teks lisan untuk sapaan , pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan
maaf.(Task
15)
-
Siswa
mengembangkan teks lisan yang sudah tersedia menjadi sebuah percakapan. (Task 16)
-
Siswa membuat
tulisan percakapan tentang sapaan dan pamitan.(Task 17)
|
Penutup (10 menit)
|
|
-
Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-
Refleksi
-
Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang
|
H. Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Learning
Journal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log tentang
kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran 1
e.
Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata
“God” dan “Thank”
|
5
|
2
|
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata
“God” dan “Thank”
|
4
|
3
|
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata
“God” dan “Thank”
|
3
|
4
|
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
2
|
5
|
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God”
dan “Thank”
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman)
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai
tanggung jawab
|
Lampiran Penilaian Sikap 1-3
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran 2
e.
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
![]() |
=
|
2
|
|
![]() ![]()
Often
|
=
|
1
|
![]() |
=
|
![]() |
Contoh: Mencentang untuk seluruh pernyataan.
![]() ![]() ![]() ![]()
Bila mencentang
|
= 2+2+2
|
= Skor 6
|
![]() ![]() ![]() ![]()
Bila mencentang
|
= 2+2+1
|
= Skor 5
|
Bila mencentang
|
= 2+1+0,5
|
= Skor 3,5
|
f.
Pedoman Penskoran

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan dialog pendek bergambar siswa mampu merespon
sebuah ungkapan sapaan dengan benar.
|
Soal No. 1
|
|
Disajikan sebuah respon sapaan dari sebuah dialog siswa
mampu mengungkapkan sapaan yang tepat sesuai dengan responnya
|
Soal No. 2
|
|
Disajikan sebuah situasi, siswa mampu menentukan sapaan
yang tepat sesuai dengan situasi
|
Soal No. 3
|
|
Disajikan dialog siswa mampu menentukan ungkapan pamitan
dengan benar
|
Soal No. 4
|
|
Disajikan sebuah dialog, siswa mampu menentukan respon
dari ungkapan pamitan dengan benar
|
Soal No. 5
|
|
Disajikan sebuah dialog bergambar siswa mampu
mengungkapkan ungkapan terimakasih sesuai dengan respon yang sudah diberikan
|
Soal No. 6
|
|
Disajikan sebuah dialog siswa mampu merespon ungkapan
terimakasih dengan tepat.
|
Soal No. 7
|
|
Disajikan sebuah situasi, siswa mampu menentukan ungkapan minta
maaf yang tepat sesuai dengan situasi
|
Soal No. 8
|
|
Disajikan sebuah dialog siswa mampu mengungkapkan ungkapan
minta maaf dengan tepat.
|
Soal No. 9
|
|
Disajikan sebuah dialog siswa mampu merespon ungkapan
minta maaf dengan tepat.
|
Soal No. 10
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran 3
e.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban
benar diberi skor 1 (satu)

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
f.
Instrumen: lihat Lampiran 3
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Essay
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menulis
|
||
|
Disajikan sebuah dialog singkat
siswa dapat menulis ungkapan saapaan
sesuai respon dengan tepat dengan akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No.1
|
|
Disajikan sebuah dialog singkat
siswa dapat menulis respon dari ungkapan saapaan dengan tepat, akurat, runtut
dan berterima.
|
Soal No.2
|
|
Disajikan sebuah situasi siswa
mampu membuat dialog sesuai situasi dengan tepat.
|
Soal No.3
|
|
Disajikan sebuah dialog acak,
siswa mampu menyusunnya dengan benar dan sesuai kemudian mempraktekkannya di
depan kelas
|
Soal No.4
|
|
Disajikan sebuah dialog singkat
siswa mampu menuliskan ungkapan-ungkapan yang sesuai
|
Soal No. 5
|
|
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa mampu membuat
dialog sesuai situasi dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A :1
|
|
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat membuat
dialog dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A: 2
|
|
Siswa dapat membuat dialog sangat
sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No. A: 3
|
|
Siswa dapat membuat dialog dan
mempraktekkan dialog di depan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
|
Soal No. B
|
d. Instrumen: lihat Lampiran 4
e. Rubrik Tes Keterampilan Menulis
(Soal No. 6 dan 7)
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata
tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata
tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata
tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata
tepat
|
1
|
||
3
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata
bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata
bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata
bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata
bahasa tepat
|
1
|
f. Pedoman Penskoran

Konversi Kompetensi
Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g.
Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 –
10.
Setiap jawaban
benar diberi skor 1 (satu)

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
h.
Rubrik untuk penilaian keterampilan
berbicara Lampiran 4: A.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu
dapat dideteksi
·
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar
perlu konsentrasi penuh
·
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga
tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak
mempengaruhi makna
·
Sering membuat kesalahan sehingga makna
sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga
tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang
kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah
bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti karena
keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi.
|
4
3
2
1
|
i.
Pedoman
Penskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
j.
Rubrik untuk
penilaian keterampilan menulis Lampiran 4: B.
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata
tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata
tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata
tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan kalimat
|
100% kalimat terpadu dan runtut
|
5
|
80% kalimat
terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat
terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat
terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat terpadu
dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata
bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata
bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata
bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata
bahasa tepat
|
1
|
||
6
|
Originalitas penulisan
|
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
5
|
80% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
4
|
||
60% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
3
|
||
40% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
2
|
||
20% tulisan hasil
pemikiran sendiri
|
1
|
k. Pedoman Peskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Kediri, 17
January 2014
Mengetahui
Kepala SMP... Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _________________________
NIP. ... NIP. ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar