RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI/
1 (Satu)
Materi Pokok :Lagu
Pendek dan Sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International
|
1a.
Berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
|
2.
|
2.2
|
Mengembangkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman
|
2a.
Mengembangkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman
|
3.
|
3.7
|
Memahami
pesan dalam lagu.
|
3a. Mencari
makna kosa kata sebuah lagu bertemakan kemanusiaan
3b Mengucapkan
kosa kata dalam lagu dengan pengucapan yang benar
3c.Melengkapi
lirik lagu yang diperdengarkan
3d.
Mengidentifikasi musical form of song sebuah lagu bertemakan alam
3e Menjawab
pertanyaan dari lagu yang diperdengarkan
|
4.
|
4.10
|
Menangkap pesan dalam
lagu.
|
4a.
Menceritakan kembali isi dari lagu
“Heal the word”
4b. Menyimpulkan
dan menulis informasi tersirat /pesan moral sebuah lagu bertemakan alam
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1) berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran bahasa Inggris;
2)
memiliki rasa percaya
diri terhadap kemampuan yang dimiliki;
3)
menjawab beberapa
pertanyaan dari pengamatan sebuah gambar;
4)
mengidentifikasi kosa
kata yang digunakan berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
5)
mengucapkan kosa kata
yang di gunakan berdasarkan arahan dari guru;
6)
melengkapi lirik lagu
yang didengarkan;
7)
mengungkapkan isi dari
sebuah lagi sesuai permodelan yang di berikan guru;
8)
menceritakan kembali
isi dari sebuah lagu dengan ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benarsesuai
permodelan;
9)
memahami musical form
yang di berikan guru
10)
mengidentifikasi musical
form dalam lagu berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
11)
menjawab beberapa
pertanyaan mengenai lagu yang telah
didengarkan dengan menggunakan bahasa sendiri;
12)
menyimpulkan makna lagu
yang diperdengarkan secara berkelompok;
13)
menulis pesan moral
yang terkandung dalam lagu secara tertulis dengan lancar, akurat, dan berterima
secara individu;
D.
Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial :
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Topik :
Lagu-lagu tentang kemanusiaan
Struktur Teks :
Teks Lagu HEALTHE WORD
There's a place in your heart , And I know that it is love
And this place could be much , Brighter than tomorrow
And if you really try , You'll find there's no need to cry
In this place you'll feel , There's no hurt or sorrow
There are ways to get there , If you care enough for the living
Make a little space, make a better place
And this place could be much , Brighter than tomorrow
And if you really try , You'll find there's no need to cry
In this place you'll feel , There's no hurt or sorrow
There are ways to get there , If you care enough for the living
Make a little space, make a better place
Heal the world , Make it a better place
For you and for me and the entire human race , There are people dying
If you care enough for the living , Make a better place , For you and for me
If you want to know why , There's a love that cannot lie
Love is strong , It only cares for joyful giving
If we try we shall see , In this bliss we cannot feel
Fear or dread , We stop existing and start living
Then it feels that always , Love's enough for us growing
Make a better world, make a better world
And the dream we would conceived in , Will reveal a joyful face
And the world we once believed in , Will shine again in grace
Then why do we keep strangling life , Wound this earth, crucify it's soul
Though it's plain to see, this world is heavenly , Be God's glow
We could fly so high , Let our
spirits never dieIn my heart I feel , You are all my brothers
Create a world with no fear , Together we'll cry happy tears
See the nations turn their swords into plowshares , We could really get there
If you cared enough for the living , Make a little space to make a better place
There are people dyingIf you care enough for the living
Create a world with no fear , Together we'll cry happy tears
See the nations turn their swords into plowshares , We could really get there
If you cared enough for the living , Make a little space to make a better place
There are people dyingIf you care enough for the living
Make a better placeFor you and for
me
You and for me / Make a better place
(2x)
Unsur
kebahasaan:Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang
jelas dan rapi, ucapan, tekanan kata, dan intonasi
E. Metode Pembelajaran
Scientific Approach
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
Video
/ mp3
2.
Alat
VCD
/ Laptop, LCD, Spidol, penghapus, Papan tulis,Kertas
3.
Sumber
pembelajaran
a. Buku
teks wajib (LKS dan diktat)
b. Internet
c. Audio
CD/ VCD/DVD
d. www.youtube
e. Suara
guru
GURU
|
SISWA
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Kegiatan
awal
1. Greeting/salam pembuka
2. Mengabsen siswa
3. Menyiapkan media pembelajaran
4.Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Manfaatnya
Kegiatan inti
·
LISTENING
1.
Guru menunjukkan gambar dan meminta siswa
menjawab pertanyaan tuntunan secara aktif (leading question)
2.Siswa
mendengarkan lirik lagu yang berjudul “Heal the world” by Michael jackson yang diperdengarkan lewat
CD oleh guru
3.Mencari
makna/sinonim kosa kata dari lagu “Heal the world”
4.
Dengan bimbingan dari guru siswa mengucapkan kosa kata dengan baik dan benar
5.Siswa
melengkapi lirik lagu “Heal the world” by Michael Jackson
·
SPEAKING
1.Dengan arahan dari guru siswa dapat
mengungkapkan makna dari lagu “Heal the word” sesuai permodelan secara berkelompok
2.Dengan bimbingan guru siswa menceritakan makna
dari lagu “Heal the word” di depan kelas dengan ucapan dan intonasi yang
tepat secara individu
·
READING
1.Siswa
membaca utuh teks lagu “Heal the word”
2.Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut lagu “Heal the world” dengan
bimbingan dari guru
3.Siswa
mempelajari musical form yang telah diberikan oleh guru
4.Siswa
mengidentifikasi musical form dari lagu “Heal the world” by Michael Jackson
·
WRITING
1.Siswa
mendengarkan kembali lagu “Heal the world” dan mencoba memahami makna dan
pesan yang terkandung di dalamnya
2.Siswa
menganalisa lagu “Heal the world” sesuai permodelan secara berkelompok
3.Siswa
membuat paragraf tentangpesan moral dari lagu “Heal the word” sesuai hasil
diskusi kelompok secara individu.
Kegiatan penutup
1.Peserta
didik dan guru melakukan evaluasidan mebuat kesimpulan kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya.
2.Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.Guru
memberikan tugas yaitu mencari lagu
lain dan mengidentifikasi musikal form dan pesan moral/ makna dari lagu
tersebut
4.Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya
5. Peserta didik dan guru mengucapkan salam
perpisahan
|
1.Menjawab
salam dan merespon salam pembuka guru
2.Angkat
tangan dan berkata hadir
3.Mendengarakan
apa yang disampaikan guru
1.Mengamati
gambar dan menjawab pertanyaan sesuai arahan dari guru
2.Mendengarkan
lagu yang di berikan oleh guru
3.mencari
arti kosa kata yang tepat di dalam kamus dan kemudian menjodohkan jawaban
yang benar
4.megucapkan
kosa kata dengan intonasi dan pronounciation yang tepat sesuai petunjuk dari
guru
5.mengisi
teks rumpang sesuai lagu yag diperdengarkan
1.mengungkapkan
isi dari lagu sesuai permodelan yang diberikan oleh guru
2.mengungkapkan
kembali isi dari lagu berdasarkan jawaban dari beberapa teman sesuai
permodelan (mengembangkan dari permodelan) dengan kata kata sendiri
1.membaca
kembali teks lagu “heal the word”
2.menjawab
pertanyaan sesuai dengan isi teks lagu “heal the world”
3.mempelajari
musical form sesuai petunjuk dari guru
4.mengidentifikasi
musical form dari lagu “heal the word” sesuai dari form yang telah diberikan
1.mendengarkan
kembali lagu “heal the world” dengan teliti
2.menulis
maknadan pesan moral lagu sesuai permodelan yang diberikan secara kelompok
3.mengembangkan
makna dan pesan moral dari permodelan yang telah ditulis menjadi sebuah
paragraf
1.menjawab
pertanyaan sesuai arahan dari guru
2.mengungkapkan
apa yang telah di dapat dalam materi yang telah disampaikan hari ini
3.mencatat
tugas yang diberikan guru
4.memperhatikan
dan menyiapkan materi yang akan di bahas pertemuan mendatang
5.membalas
salam dari guru
|
1.merespon
apa yang di ucapkan guru (greeting)
2.mengecek
absensi siswa
3.siswa
paham terhadap materi yang akan di
berikan
1.Menggali
pengetauhan siswa
2.mencari arti kosa
kata yang digunakan berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3.mengucapkan kosa
kata yang di gunakan berdasarkan arahan dari guru;
5.Mampu mengisi teks
rumpang sesuai apa yang di dengarkan
1.mengungkapkan isi
dari lagu berdasarkan permodelan yang diberikan guru
2.menceritakan
kembali isi dari sebuah lagu dengan ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang
benar;
1.menjawab beberapa
pertanyaan mengenai lagu yang telah didengarkan
dengan menggunakan bahasa sendiri;
2.memahami musical
form dari sebuah lagu
3.mengidentifikasi
musical form dalam lagu berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru
1.menyimpulkan makna
lagu yang diperdengarkan secara berkelompok sesuai permodelan;
2.membuat paragraf
yang berisi pesan moral yang terkandung dalam lagu secara tertulis dengan
lancar, akurat, dan berterima secara individu;
1.memiliki rasa
percaya diri terhadap kemampuan yang
dimiliki
2.siswa paham
terhadap materi yang di dapat hari ini
3.siswa mampu
mengidentifikasi musical form dan mencari makna/ pesan moral dari lagu lain
4.siswa dapat
memprsiapkan materi yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya
|
10 menit
30 menit
30 menit
30 menit
30 menit
15 menit
|
H. Penilaian
1. Sikap
spiritual
Rubrik Penilaian Sikap:Berpartisipasi aktif dalam
kegiatan pembelajaran (Kompetensi Inti 1)
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Hadir
dalam kegitan pembelajran
|
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan
apa yang di perintahkan guru
|
|
|
|
|
3
|
Bertanya
kepada guru
|
|
|
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan dari guru
|
|
|
|
|
5
|
Mengerjakan
dan mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
kriteria
:
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dansering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2. Sikap
sosial
Rubrik
Penilaian Sosial: Percaya diri (Kompetensi Inti 2)
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berani
presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4
|
Mampu
membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5
|
Tidak
mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
kriteria
:
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dansering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
3. Pengetahuan
Rubrik Penilaian
Pengetahuan (Kompetensi Inti 3)
LISTENING:
·
Oral :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubric
|
1.
|
Vocabulary
|
3
|
Penggunaan
kosa kata luas dan tepat
|
2
|
Penggunaan
kosa kata cukup luas dan tepat
|
||
1
|
Penggunaan
kosa kata kurang luas dan tepat
|
||
2.
|
Keseksamaan
|
3
|
Siswa
mendengarkan materi dengan seksama
|
2
|
Siswa
kurang mendengarkan materi dengan seksama
|
||
1
|
Siswa
tidak mendengarkan materi dengan seksama
|
·
Tulis
Bentuk :Objective question Fill in the blank
(completition)
Tiap
jawaban benar : 4
Jumlah
skor maksimal : 20 X 4
= 100
Bentuk :Objective question Matching the
synonym
Tiap
jawaban benar : 10
Jumlah
skor maksimal : 10 X 10 = 100
READING:
·
Oral
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubric
|
1.
|
Kelancaran
|
3
|
Membaca
dengan lancar dan sesuai dengan pronounciatio
|
2
|
Membaca
cukup lancar dan kurang sesuai dengan pronounciation
|
||
1
|
Membaca
kurang lancar dan tidak sesuai dengan pronounciation
|
||
2.
|
Intonasi
|
3
|
Siswa
membaca dengan intonasi yang tepat
|
2
|
Siswa
membaca dengan intonasi yang cukup tepat
|
||
1
|
Siswa
membaca dengan intonasi yang tidak tepat
|
·
Tulis
Bentuk : Subjective question (uraian)
Tiap
jawaban benar : 20
Jumlah
skor maksimal : 5 X 20
= 100
4. Keterampilan
Rubrik
Penilaian Ketrampilandan praktek (Kompetensi Inti 4 )
SPEAKING
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubric
|
1.
|
Ucapan
dan Intonasi
|
3
|
Sangat jelas, dengan mudah dimengerti
|
2
|
Kurang jelas, kurang bisa
dimengerti
|
||
1
|
Tidak jelas, tidak dapat
dimngerti
|
||
2.
|
Kosa
kata
|
3
|
Penggunaan
vocab dan pronounciation tepat
|
2
|
Penggunaan
vocab dan pronounciation kurang tepat
|
||
1
|
Penggunaan
vocab dan pronounciation tidak tepat
|
||
3.
|
Pernampilan
|
3
|
Penampilan
(expresi, sikap, dan gesture) sangat baik
|
2
|
Penampilan
(expresi, sikap, dan gesture) kurang baik
|
||
1
|
Penampilan
(expresi, sikap, dan gesture) tidak baik
|
WRITING:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubric
|
1.
|
Diksi
|
3
|
Penggunaan
tanda baca, grammar dan vocab tepat
|
2
|
Penggunaan
tanda baca, grammar dan vocab kurang tepat
|
||
1
|
Penggunaan
tanda baca, grammar dan vocab tidak tepat
|
||
2.
|
Isi
|
3
|
Isi
sesuai dengan tema (permodelan)
|
2
|
Isi
kurang sesuai dengan tema (permodelan)
|
||
1
|
Isi
tidak sesuai dengan tema (permodelan)
|
Kediri,
... Mei 2014
Mengetahui
Kepala SMK... Guru Mata Pelajaran
_____________________ _________________________
NIP.
... NIP. ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar