Senin, 11 Agustus 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
 


Satuan  Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok


Alokasi Waktu
:
:
:
:


:

B. Inggris
VII/I (Satu)
Teks lisan untuk  sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
2 pertemuan (4JP)

A.  Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan   lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori










B.  Kompetensi Dasar dan Indikator

1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1     Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.
2.2





Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggungjawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.






2.2.1     Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya     saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2     Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3     Tidak menyalahkan    orang lain atas tindakannya sendiri
2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain
3.
3.1
Memahami fungsi social teks, dan unsure kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1        Menentukan tujuan komunikatif teks.
3.1.2        Mengidentifikasi struktur teks.

3.1.3        Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks.
4.
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.1 siswa dapat menggunakan ungkapan sapaan , pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris secara lisan dengan akurat, lancar dan berima.

C.  Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)   Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)   Mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)   Mengidentifikasi kata pembilang angka yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
4)   Mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
5)   Mengidentifikasi frase benda yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
6)   Mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok;

Pertemuan Kedua

1)   menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar           bahasa Inggris;
2)   bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3)   mengakui ketika membuat kesalahan;
4)   tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5)   melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
6)   menggunakan ungkapan sapaan , pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris secara lisan dengan akurat, lancar dan berima.


D.  Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)

Pertemuan pertama
Fungsi Sosial          : Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur Teks       : Characteristics features of greeting, leave taking, thanks, apologize.
                               
Unsur Kebahasaan:        
·         Greeting (hi, hello, good morning, dsb)
·         Kalimat/Ungkapan (how are you? See you later, Take care, You are welcome, nice to meet you, dsb)
·         Kata Tanya ( how, dsb)
·         Kata kerja dalam the simple present tense: be, dsb.
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan.

Topik: Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.




Pertemuan Kedua

Fungsi Sosial         : Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur Teks         : Characteristics features of greeting, leave taking, thanks, apologize.

Unsur Kebahasaan:        
·         Greeting (hi, hello, good morning, dsb)
·         Kalimat/Ungkapan (how are you? See you later, Take care, You are welcome, nice to meet you, dsb)
·         Kata Tanya ( how, dsb)
·         Kata kerja dalam  the simple present tense: be, dsb.
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan.

Topik: Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1.      Scientific approach
2.      Communicative approach
3.      Discuss

F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media                 : video.
2. Alat/Bahan         : lcd projector, laptop, boardmarker.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kesatu

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-          Memberi salam
-          Doa bersama dipimpin oleh salah satu siswa
-          Mengecek kehadiran
-          Menanyakan kabar
-          Penyampaian tujuan pembelajaran
-          Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti (60 menit)
Observing
-          Siswa mendengarkan/ menonton interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf. (Task 1)
-          Siswa mengikuti interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf. (Task 2)
-          Siswa menirukan model interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf. (Task 3)
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). (Task 4 dan 5)
Questioning
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. (Task 6, dan 7)
Explorating
-          Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan merminta maaf dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. (Task 8, 9)

Associating
-          Siswa membandingkan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain . (Task 10)
-          Siswa membandingkan antar ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.(Task 11dan 12)
-          Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan. (Task13)
Penutup (10 menit)

-          Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-          Refleksi
-          Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

Pertemuan kedua

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-          Memberi salam
-          Doa bersama dipimpin oleh salah satu siswa
-          Mengecek kehadiran
-          Menanyakan kabar
-          Penyampaian tujuan pembelajaran
-          Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (60 menit)
Communicating
-          Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. (Task 13)
-          Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dalam jurnal belajar sederhana. (Task 14)
Creating
-          Siswa dapat membuat teks lisan untuk sapaan , pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.(Task 15)
-          Siswa mengembangkan teks lisan yang sudah tersedia menjadi sebuah percakapan. (Task 16)
-          Siswa membuat tulisan percakapan tentang sapaan dan pamitan.(Task 17)






Penutup (10 menit)

-          Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-          Refleksi
-          Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

H.  Penilaian
1.        Sikap spiritual

a.         Teknik Penilaian        : Tertulis
b.        Bentuk Instrumen      : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                      :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.        Instrumen: lihat Lampiran 1
e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1











f.         Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1




2.        Sikap sosial

a.       Teknik Penilaian          : Penilaian sejawat (antar teman)
b.      Bentuk Instrumen       : Lembar Peer Assessment
c.       Kisi-kisi                       :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.      Instrumen: lihat Lampiran 2

e.       Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
Rounded Rectangle:
 







=

2
Rounded Rectangle:
Often


=


1

Rounded Rectangle:   












=




Rounded Rectangle:   0,5




Contoh: Mencentang                             untuk seluruh pernyataan.

Rounded Rectangle:    Rounded Rectangle:    Rounded Rectangle:


Bila mencentang
= 2+2+2
= Skor 6

Rounded Rectangle:   Rounded Rectangle:    Rounded Rectangle:


Bila mencentang
= 2+2+1
= Skor 5

Rounded Rectangle:
Rounded Rectangle:
Rounded Rectangle:
 




Bila mencentang
= 2+1+0,5
= Skor 3,5



f.       Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.        Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : Pilihan Ganda
c.       Kisi-kisi                       :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikan dialog pendek bergambar siswa mampu merespon sebuah ungkapan sapaan dengan benar.
Soal No. 1

  1.  
Disajikan sebuah respon sapaan dari sebuah dialog siswa mampu mengungkapkan sapaan yang tepat sesuai dengan responnya
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah situasi, siswa mampu menentukan sapaan yang tepat sesuai dengan situasi
Soal No. 3

  1.  
Disajikan dialog siswa mampu menentukan ungkapan pamitan dengan benar
Soal No. 4

  1.  
Disajikan sebuah dialog, siswa mampu menentukan respon dari ungkapan pamitan dengan benar
Soal No. 5

  1.  
Disajikan sebuah dialog bergambar siswa mampu mengungkapkan ungkapan terimakasih sesuai dengan respon yang sudah diberikan
Soal No. 6

  1.  
Disajikan sebuah dialog siswa mampu merespon ungkapan terimakasih dengan tepat.
Soal No. 7

  1.  
Disajikan sebuah situasi, siswa mampu menentukan ungkapan minta maaf yang tepat sesuai dengan situasi
Soal No. 8

  1.  
Disajikan sebuah dialog siswa mampu mengungkapkan ungkapan minta maaf dengan tepat.
Soal No. 9

  1.  
Disajikan sebuah dialog siswa mampu merespon ungkapan minta maaf dengan tepat.
Soal No. 10

d.     Instrumen: lihat Lampiran 3

e.      Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

f.       Instrumen: lihat Lampiran 3

4.        Keterampilan
a.       Teknik Penilaian    : Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen : Essay
c.       Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis


  1.  
Disajikan sebuah dialog singkat siswa dapat menulis ungkapan  saapaan sesuai respon dengan tepat dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No.1

  1.  
Disajikan sebuah dialog singkat siswa dapat menulis respon dari ungkapan saapaan dengan tepat, akurat, runtut dan berterima.
Soal No.2

  1.  
Disajikan sebuah situasi siswa mampu membuat dialog sesuai situasi dengan tepat.
Soal No.3

  1.  
Disajikan sebuah dialog acak, siswa mampu menyusunnya dengan benar dan sesuai kemudian mempraktekkannya di depan kelas
Soal No.4

  1.  
Disajikan sebuah dialog singkat siswa mampu menuliskan ungkapan-ungkapan yang sesuai
Soal No. 5

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa mampu membuat dialog sesuai situasi dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A :1

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat membuat dialog dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A: 2

  1.  
Siswa dapat membuat dialog sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
Soal No. A: 3

  1.  
Siswa dapat membuat dialog dan mempraktekkan dialog di depan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
Soal No. B

d.      Instrumen: lihat Lampiran 4






e.       Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 6 dan 7)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1























f.       Pedoman Penskoran


    Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.      Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)







Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

h.      Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4: A.

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

i.        Pedoman Penskoran:







Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


j.        Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4: B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat

1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1



k.      Pedoman Peskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


Kediri, 17 January 2014
Mengetahui                                                                
Kepala SMP...                                                             Guru Mata Pelajaran






_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar